Kesalahan dalam berfikir

Ketika kita mau berpikir lebih dalam tentang sebuah pikiran maka kita akan menemukan sebuah kenyataan bahwa dalam hidup kita sering melakukan kesalahan berpikir. akan tetapi semua itu muncul apa bila kita telah mendapatkan sebuah dampak akibat dari sesuatu yang kita lakukakan yang berawal dari sebuah pemikiran. Dalam banyak hal yang pernah, bahkan sering terjadi dalam kehidupan kita adalah sering kali timbul sebuah penyesalan,ketika sesuatu yang kita lakukan tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan.

Apa itu Kesalahan Berfikir; sebenarnya Kesalahan berfikir bisa didefinisikan sebagai kerancuan pikir yang diakibatkan oleh ketidak disiplinan pelaku nalar dalam menyusun data dan konsep, baik secara sengaja maupun tudak sengaja. dalam bahasa sederhananya adalah “ngawur”.

Dari jenis pelakunya, kesalahan berfikir terbagi menjadi dua golongan;

1. Sofisme ; adalah golongan yang sadar dalam melakukan kesalahan/kesesatan berfikir, maksudnya Fallcy sengaja mereka gunakan dalam mengubah opini demi mencapai tujuannya namun tidak untuk mencapai kebenaran.

2. Paralogisme ; adalah berfikir ngawur,artinya tidak menyadari akibat dari pemikirannya dan tidak bertanggung jawab terhadap setiap pendapat yang dikemukakannya karena selalu menganggap dialah yang paling benar.

fallcy sangat efektif dan manjur untuk melakukan sejumlahaksi amoral, sperti mengubah opini publik,pembodohan, provokasi, pembunuhan karakter menghindari jeratan hukum dan meraih kekuasaan dengan janji palsu.

Iklan

Perihal opini08
Medidik Untuk Maju

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: